Perbedaan Kegunaan Switch dan Router

Switch dan router merupakan sebuah perangkat keras yang sama-sama digunakan sebagai sebuah penghubung antar satu komputer dengan yang lainnya. Kedua alat ini  jika dilihat sekilas memang mirip. Namun untuk kegunaan switch dan router  tentu saja ada beberapa perbedaan. Pada kesempatan kali ini artikel ini akan membahas hal tersebut.

1. Router

Router adalah sebuah jaringan keras yang memiliki tugas untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan internet rumah. Ini akan membantu di dalam  mengirimkan data yang memungkinkan untuk membangun serta memelihara jaringan yang sudah terkoneksi dengan dua node.

Router ini akan bekerja pada bagian lapisan 3 untuk menentukan  ke arah mana data tersebut akan diteruskan. Secara garis besar, router ini akan membantu di dalam menghubungan komputer lokal dan internet. Ini juga akan menentukan prioritasnya dan juga melindungi data dari berbagai macam ancaman untuk keamanan.

Router mempunyai sakelar yang sudah menjadi perangkat bawaan. Ini akan menghubungkan di antara komputer di dalam sebuah jaringan yang akan membantu di dalam membagikan IP dengan otomatis via protocol Dynamic Host Configuration Protocol. Sementara itu, ada beberapa kegunaan router, yaitu:

  1. Menghubungkan antar jaringan pada beberapa perangkat komputer
  2. Mengirimkan informasi yang terdapat dari jaringan
  3. Membantu di dalam menghubungkan jaringan ke DSL

2. Switch

Definisi switch adalah sebuah perangkat keras yang akan menghubungkan perangkat pada komputer. Ini dilakukan dengan cara pertukaran paket baik dan akan meneruskan data pada perangkat yang lainnya. Banyak yang mengartikan jika switch ini digunakan untuk menghubungkan dari beberapa HUB yang akan membantu di dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar dan juga memerlukan bandwidth yang kapasitasnya juga besar.

Kegunaan dari switch juga berbeda dengan hub. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

  1. Looping Avoidance yang akan mencegah terjadi looping pada saat terjadi perputaran data
  2. Meneruskan dan juga berperan sebagai filter yang akan meneruskan data frame ke alamat yang akan dituju
  3. Membantu mengirimkan data ke tujuan
  4. Mengurangi peristiwa tabrakan pada saat pengiriman data
  5. Melakukan pencatatan  alamat MAC yang sedang terhubung
  6. Mempelajari mengenai  ke mana saja data akan diteruskan

Setelah Anda mengetahui berbagai macam perbedaan antar switch dan router  maka diharapkan Anda akan bisa dengan mudah mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan yang dibutuhkan. Di dalam membeli sebuah switch maupun router memang menjadi salah satu hal tidak terlalu sulit apalagi saat ini sudah banyak marketplace yang menyediakan.

Akan tetapi ada beberapa jenis switch maupun router yang tidak menyediakan. Oleh karena itu, Anda bisa membelinya pada toko maupun perusahaan yang khusus untuk menjual perangkat keras ini. Selain itu, Anda juga harus mengetahui mengenai perbedaan kemampuan pada fitur yang ada di dalamnya. Router mempunyai kemampuan dan juga fitur yang lebih rumit dari pada switch.

Oleh karena itu, switch bisa digunakan dalam menghubungkan antar perangkat komputer yang lingkupnya lebih kecil. Sementara itu, untuk router biasanya digunakan sebagai salah satu penghubung pada jaringan yang cukup luar dan juga banyak digunakan pada sebuah perangkat jaringan internet. Ini biasanya digunakan pada beberapa perusahaan  maupun perkantoran  yang besar khususnya yang menggunakan banyak komputer yang digunakan untuk mendukung pekerjaan dan aktivitas mereka sehari-hari. Keberadaannya sangat membantu melancarkan dalam menjalankan pekerjaan.