Masalah Yang Bisa Dihadapi Oleh Sandwich Generation Adalah Sebagai Berikut!

Sandwich generation sudah dikenal secara umum berada di posisi yang terjepit berada di tengah-tengah. Dengan posisi tersebut membuat generasi sandwich tersebut mempunyai banyak beban keuangan yang harus dipikirkan. Tidak hanya membiayai keluarganya bagi yang sudah menikah, tetapi juga perlu mencukupi kebutuhan keuangan keluarga, saudaranya, hingga bahkan kakek nenek atau cucunya. Berapa banyak pihak yang dibiayai tersebut tergantung dari kategori sandwich generation. Bagi yang berada di posisi generasi sandwich tersebut bisa menghadapi beberapa masalah. Beberapanya masalah sandwich generation adalah sebagai berikut ini:

  • Tingkat kebahagiaan yang menurun

Masalah pertama yang dialami karena akibat dari menanggung secara finansial kebutuhan banyak keluarga adalah bisa membuat tingkat kebahagiaannya bisa menurun. Walaupun generasi sandwich tersebut juga merasa tidak terbebani karena memberikan dukungan pada orang tua sudah menjadi kewajiban. Akan tetapi apabila seluruh biaya tersebut dibebankan kepada dirinya terlebih ketika juga membiayai keluarga sendiri yang sudah mempunyai anak, maka tentunya akan menjadikannya pusing. Tak jarang juga banyak orang yang merasa kewalahan dan mempunyai beban berat. Oleh karena itulah karena merasa beban yang menumpuk tersebut membuat tingkat kebahagiaannya menjadi menurun dibandingkan pihak lain yang tidak termasuk ke dalam generasi sandwich.

  • Waktu yang kurang untuk keluarga

Masalah selanjutnya  sandwich generation adalah kurangnya waktu yang didapatkan untuk bisa dihabiskan bersama keluarga. Karena mempunyai banyak beban keuangan yang ditanggung baik dari keluarga, orang tua, dan juga saudaranya maka hal tersebut membuat harus mempunyai pekerjaan yang mapan bahkan juga mengambil lembur agar bisa mencukupi kebutuhan keuangan keluarga. Hal tersebut membuat orang yang menanggung beban sebagai generasi sandwich tersebut akan tidak mempunyai banyak waktu untuk menghabiskannya bersama keluarga. Baik kurang mempunyai waktu dengan pasangan, anak, dan orang tua karena terlalu banyak menghabiskan waktu bekerja yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

  • Rentan mengalami rasa tertekan

Masalah yang bisa dialami selanjutnya oleh orang yang termasuk ke dalam generasi sandwich adalah rentan mengalami rasa tertekan. Hal ini juga menjadi penyebab yang menyebabkan tingkat kebahagiaannya yang bisa menurun. Karena mempunyai tanggung jawab yang berlapis-lapis, maka ada banyak tekanan yang harus dihadapi. Hal tersebut juga menjadi tuntutan yang harus dipenuhi, sehingga apabila tidak mampu untuk memenuhinya bisa mengalami rasa bersalah yang juga membuat lebih tertekan. Karena banyaknya beban yang dipikul tersebut yang tidak jarang datang pada waktu bersamaan, membuat tekanan yang dirasakan juga lebih besar.

  • Kesulitan finansial

Masalah terakhir yang dihadapi oleh generasi sandwich tentunya adalah akan mengalami masalah finansial. Terutama apabila mereka satu-satunya yang diandalkan untuk menanggung berbagai kebutuhan finansial keluarga. Sehingga tidak jarang hal tersebut juga membuat keluarga tersebut mengalami masalah finansial. Terutama bagi yang mempunyai pekerjaan belum mapan, sehingga masih belum bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga ke orang tua dan juga saudaranya.

Berbagai masalah generasi sandwich seperti di atas akan membuat seseorang merasa tidak berdaya dan putus asa. Oleh karena itulah sebagai salah satu solusi penting untuk mengatasi masalah sandwich generation adalah dengan mencoba berkomunikasi terlebih dahulu. Baik dengan pasangan, orang tua, dan juga keluarga. Dengan komunikasi tersebut akan bisa membagi beban bahkan juga bisa mencoba mengerti keadaan sehingga beban finansial tersebut bisa dibagi bersama-sama dan tidak hanya tertumpuk pada satu orang saja yang tentunya kurang baik secara finansial maupun emosional.

Sumber informasi : https://ilovelife.co.id/blog/sandwich-gen/