Kandungan dan 6 Manfaat Lobak Putih untuk Tubuh

Lobak putih merupakan salah satu sayuran berwarna putih yang dilengkapi dengan daun berwarna hijau di bagian atasnya. Bagi penyuka sayuran atau tertarik untuk mencoba hidangan baru, makanan yang diolah dari lobak putih ini bisa menjadi pilihan menarik.

Lobak putih ini biasanya sering dikonsumsi sebagai sup, tumis dan juga salad. Meski kurang populer, kandungan zat gizi di dalamnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti menurut Data Komposisi Pangan miliki Kementerian Kesehatan RI, ada beragam nutrisi penting yang terkandung pada jenis lobak ini.

Kandungan Gizi dan Manfaat dari Lobak Putih

Dalam 100 gram (gr) sayur lobak, bisa menyumbang sekitar 21 kalori, 0.9 gr protein, 0.1 gr lemak, 4.2 gr karbohidrat, dan 1.4 gr serat.

Selain itu, sejumlah mineral dan vitamin juga turut melengkapi zat gizi di dalam sayuran asal China ini. Mulai dari kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, hingga vitamin K. Berikut khasiat mengonsumsi lobak putih untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat mengonsumsi sayur lobak adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung beta karoten. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproduksi selaput yang lebih sehat untuk menangkal kuman penyakit.

2. Mengobati Asma

Kandungan anti-inflamasi yang berasal dari vitamin C dalam lobak merupakan antioksidan sangat kuat, sehingga efektif untuk menyembuhkan asma dan mengurangi gejala asma. Mengonsumsi sayur lobak putih bisa mengurangi mengi atau sesak yang sering diderita saat memiliki penyakit asma.

3. Mencegah Radikal Bebas

Jika dalam tubuh terlalu banyak radikal bebas, maka bisa menyebabkan oksidasi kolesterol tinggi dan juga penggumpalan trombosit. Sehingga menyebabkan aterosklerosis yang sangat merusak pembuluh darah. Dengan mengonsumsi lobak putih maka radikal bebas dalam tubuh bisa ditangkal dan akhirnya perkembangan penyakit ini bisa dicegah.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Lobak juga merupakan makanan tambahan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubu, karena memiliki kandungan B Kompleks yang sangat tinggi. Vitamin ini ampuh dalam mengendalikan proses enzimatik serta memastikan semua organ dalam tubuh bisaberfungsi dengan baik. Dengan ini, kadar hormon dalam tubuh juga bisa dijaga dengan stabil.

5. Meningkatkan Detoksifikasi

Berbagai jenis sayuran lobak seperti lobak putih dan lobak hijau, dapat memberikan manfaat detoksifikasi untuk mencegah masuknya bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh. Sebab dalam lobak mengandung glukotropaeolin yang merupakan senyawa untuk merangsang dan mengendalikan proses detoksifikasi berbagai jenis enzim.

6. Menurunkan darah tinggi

Di dalam lobak juga terkandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir di semua kasus, tekanan darah tinggi biasanya terjadi akibat terlalu banyaknya kadar natrium di dalam tubuh. Sedangkan cara kerja kalium jelas bertolak belakang dengan natrium. Itu sebabnya kalium dapat membantu meredam efek samping yang ditimbulkan oleh natrium, dan mencegah naiknya tekanan darah.

Secara umum, lobak putih relatif aman untuk dikonsumsi. Namun bila terlalu banyak, sayuran ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Ibu hamil juga masih diperbolehkan mengonsumsi lobak putih, asal tidak berlebihan. Tetapi orang yang memiliki batu empedu, tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini.

Anda dapat mengolah lobak putih menjadi berbagai sajian lezat untuk mendapatkan manfaatnya. Iringi konsumsi lobak putih dengan beragam makanan bernutrisi, sebagai bagian dari pola makan sehat guna mendukung kesehatan tubuh Anda.

Bagaimana? Tertarik untuk mengkonsumsi lobak putih? Lobak putih kini dapat dibeli secara online di TaniHub. Tinggal download aplikasinya atau langsung buka website dibrwoser, pilih lobak putih kemudian bayar maka kurir TaniHub akan langsung megirimnya ke rumah Anda.

Soal kualitas? Tenang, TaniHub selalu menerapkan quality control yang sangat ketat untuk produk yang dijual di platformnya. Jadi dapat dipastikan lobak yang akan Anda terima nanti berkualitas terbaik dan segar. Tunggu apa lagi, yuk belanja di TaniHub!