Budget Terbatas Tapi Pingin Renovasi? Cek Dulu Estimasi Harga Renovasi Rumah Berikut!

Ada beberapa cara agar mendapatkan rumah yang nyaman. Salah satu caranya dengan melakukan renovasi.

Renovasi perlu dilakukan terutama bagi rumah yang sudah lama ditempati. Renovasi pada rumah akan membuat suasana berbeda. Selain itu, renovasi juga berguna agar rumah semakin terawat dan bertahan lama.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan renovasi rumah memang tidaklah murah. Anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk melakukan pemugaran pada rumah.

Perencanaan yang matang diperlukan untuk mengetahui estimasi harga renovasi rumah yang Anda miliki. Dengan begitu, budget yang Anda persiapkan tidak sampai melebihi target atau over budget.

Menghitung Harga Renovasi Rumah

Untuk mendapatkan gambaran mengenai biaya untuk renovasi rumah, Anda bisa membuat rincian tentang hal-hal yang perlu dibayar. Rincian tersebut bisa Anda tuangkan dalam Rancangan Anggaran Biaya atau RAB.

1. Biaya Tanah dan Bangunan

Estimasi biaya tanah dan bangunan merupakan hal pertama yang harus Anda masukkan dalam RAB. Apabila renovasi yang Anda lakukan membutuhkan perluasan tanah, maka Anda harus memasukkan biaya pembelian tanah.

Biaya pembelian tanah bisa jadi biaya terbesar dari estimasi biaya renovasi rumah. Hal ini terjadi karena harga tanah yang terbilang cukup mahal apalagi di daerah perkotaan yang minim lahan.

Berbeda halnya apabila Anda hanya melakukan renovasi rumah pada sekitar lokasi tanah yang dimiliki. Anda hanya perlu menghitung harga renovasi rumah per meternya.

2. Biaya Material

Belanja material merupakan hal yang cukup memusingkan. Anda harus memperhatikan kualitas dan harga material sebelum memasukkannya dalam RAB.

Estimasi biaya material dengan rencana renovasi sederhana sekitar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000 per meternya. Untuk renovasi yang lebih besar pastinya harga renovasi rumahnya juga semakin tinggi.

3. Biaya Tenaga Kerja

Biaya selanjutnya yang harus Anda masukkan dalam RAB renovasi rumah yaitu biaya jasa tenaga kerja. Perlu diketahui bahwa sistem pembayaran tenaga kerja renovasi rumah terdiri dari 3 macam. Tiga sistem pembayaran tersebut adalah harian, borongan jasa, maupun borongan penuh.

Untuk biaya tukang harian, Anda akan dikenakan harga antara Rp. 125.000 hingga Rp. 150.000 per harinya. Biaya ini tidak termasuk biaya pembelian material.

Kekurangan dari sistem pembayaran tukang harian adalah potensi kinerja tukang yang lambat agar durasi waktu semakin lama. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada harga renovasi rumah yang Anda lakukan.

Sistem pembayaran selanjutnya yaitu borongan jasa. Sistem ini tidak mewajibkan Anda membayar tukang setiap hari. Perhitungan biaya borongan jasa didasarkan pada kesepakatan bersama. Namun, tukang biasanya akan menghitung biaya jasanya berdasarkan luas bangunan atau tanah yang direnovasi.

Estimasi biaya untuk sistem borongan jasa berkisar antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000 per meternya. Biaya ini tidak termasuk biaya untuk pembelian material dan hal lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir terjadi pembengkakan harga renovasi rumah jika renovasi berlangsung lama, karena sistem borongan jasa tidak menghitung durasi pengerjaan.

Untuk sistem borongan penuh, Anda tidak perlu memikirkan biaya material maupun biaya lainnya. Kontraktor biasanya akan langsung menyodorkan seluruh rincian harga renovasi rumah.

4. Biaya lain-lain

Tiga biaya yang sudah dijelaskan di atas merupakan biaya wajib yang harus Anda masukkan dalam RAB renovasi rumah. Untuk poin biaya lain-lain diperlukan sebagai biaya cadangan apabila terjadi penambahan biaya di tengah proses renovasi.

Biaya yang tidak direncanakan bisa muncul apabila terjadi kenaikan harga material maupun perubahan rencana renovasi rumah. Anda bisa mengalokasikan 10% dari seluruh harga renovasi rumah untuk biaya lain-lain.

Demikian gambaran mengenai biaya yang harus Anda keluarkan untuk merenovasi rumah. Jika Anda membutuhkan jasa untuk renovasi rumah, maka Anda bisa menemukannya melalui platform Sejasa. Ingat selalu Sejasa untuk berbagai bentuk jasa yang Anda butuhkan!