Berbagai Pilihan Objek Wisata di Tanah Lot Bali

Dengan beragam tempat wisata yang ada di Bali, wajar saja bahwa banyak orang yang datang ke Pulau Dewata untuk berlibur agar merasakan kenikmatan dan pengalaman yang berbeda. Salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi dan tidak pernah dilupakan oleh wisatawan adalah Tanah Lot. Tanah Lot merupakan salah satu Pura yang penting bagi Umat Hindu yang tinggal di Bali dan sekarang sudah menjadi ikon yang bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga bagi para wisatawan mancanegara. Apalagi di sekitar Tanah Lot ada banyak sekali objek wisata yang sekalian bisa dikunjungi ketika sedang berada di Tanah Lot. Berikut ini akan dijelaskan satu-persatu berbagai pilihan wisata di sekitar Tanah Lot Bali.

Pulau Karang

Di Tanah Lot, ada Pulau Karang yang bisa didatangi pengunjung dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut. Tetapi ketika air sedang pasang, maka pengunjung tidak bisa menuju Pulau Karang dengan berjalan kaki tetapi bisa melihat dari pinggir pantai yang terlihat seperti pulau yang berada di tengah laut. Di pulau ini terdapat dua pura yang ada di lokasi yang berbeda, pertama ada Pura Luhur Tanah Lot yang memang letaknya ada di atas batu karang berukuran besar. Sedangkan pura yang satunya lagi ada di sebelah barat yaitu Pura Batu Bolong yang ada di atas tebing dan menjorok ke arah laut.

Gua Ular Suci

Selain terdapat pulau, di Tanah Lot juga terdapat gua bernama Gua Ular Suci yang terdapat beberapa ular yang dipercaya untuk menjaga pura. Ular yang bisa ditemukan di gua ini berjenis ular laut dengan warna belang hitam dan putih memiliki ekor warna putih serta pengunjung harus berhati-hati karena ular masih berbisa. Tetapi jika ingin memegang atau bahkan berfoto dengan ular-ular tersebut maka bisa ditemani dengan pawang yang ada di sekitar gua dengan memberikan uang secara sukarela.

Gua Air Suci

Jika sebelumnya ada Gua Ular Suci maka tidak jauh dari gua ini terdapat Gua Air Suci yang mengalirkan air yang asalnya dari tengah lautan. Gua ini juga disebut dengan Tirta Pabersihan yang menjadi air keramat dan digunakan saat pelaksanaan ibadah Umat Hindu. Bahkan wisatawan yang datang boleh meminum air tersebut dan juga bisa digunakan untuk membasuh tangan hingga wajah. Bagi yang meminumnya, maka akan terasa segarnya dan juga tidak memiliki rasa asin. Air ini bahkan dipercaya bisa memiliki khasiat, salah satunya yaitu menyembuhkan berbagai penyakit yang ada pada tubuh.

Area Trekking

Tidak jauh dari sekitar Tanah Lot maka akan banyak dijumpai wisata trekking di Bali dan cocok untuk orang yang suka berjalan menikmati pemandangan dan juga alam bebas. Ada beberapa pilihan wisata trekking mulai dari Gunung Batur, Desa Sambangan, Desa Ubud, Bukit Campuhan, dan masih ada beberapa tempat lain untuk kegiatan trekking yang menyenangkan.