Benarkah Cuaca Panas Dapat Menyebabkan Migrain? Ayo Cari Jawabannya di Bawah Ini

Saat cuaca panas menyerang, bukan hanya rasa haus dan stamina yang mudah terkuras saja yang muncul, terkadang beberapa orang kerap mengalami masalah sakit kepala, terutama migrain yang menyerang area belakang kepala, dan bagian pelipis.

Meski dianggap hal yang normal, namun itu tidak bisa dibiarkan. Migrain merupakan masalah sakit kepala yang cukup serius, dan Anda wajib punya metode praktis untuk mengatasinya. Jika tidak, penyakit tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas dan hubungan sosial Anda.

Kenapa Cuaca Panas Menyebabkan Migrain?

Di tengah gempuran cuaca panas, otomatis suhu tubuh akan ikut meningkat. Imbasnya, kondisi ini akan membuat sistem pertahanan tubuh berusaha menurunkan suhu dengan memproduksi lebih banyak keringat. Inilah salah satu alasan kenapa kita mengeluarkan keringat saat kegerahan.

Namun bukan tanpa resiko, keringat yang membanjiri tubuh akan membuat persediaan cairan didalam tubuh menurun, hingga akhirnya meningkatkan resiko dehidrasi. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, kondisi ini dapat memicu munculnya migrain.

Selain itu, berikut penyebab umum munculnya sakit kepala atau migrain saat cuaca panas.

  • Perubahan kadar serotonin tubuh yang memicu munculnya sakit kepala.
  • Pembuluh darah menyempit yang dapat menghambat sirkulasi oksigen. Terhambatnya pasokan oksigen menuju otak jai pemicu munculnya sakit kepala atau migrain.
  • Sebagai respons alami tubuh terkait kondisi tertentu selama cuaca panas menyerang, seperti cahaya yang terlalu terang akibat paparan sinar matahari berlebih, dan kelembaban tinggi.

Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat cuaca panas. Konsumsi juga airan elektrolit atau minuman isotonik agar cairan yang terbuang bisa segera digantikan.

Selain itu, jika tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya batasi aktivitas fisik di luar ruangan. Anda bisa berteduh di bawah pohon rindang, atau bersantai di taman belakang rumah.

Tips Mengatasi Migrain saat Cuaca Panas

Jika migrain atau sakit kepala terlanjur menyerang, cobalah untuk beristirahat atau konsumsi obat-obatan khusus untuk meredakan sakit kepala. Konsumsi juga buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon dan lainnya.

Trik lainnya, Anda bisa mengandalkan Plossa Press & Soothe Aromatics, minyak angin serbaguna yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah migrain atau sakit kepala akibat cuaca panas.

Produk ini hadir dalam konsep 4in1, dimana Anda bisa menggunakan bagian inhalernya untuk membantu melebarkan pembuluh darah sekitar kepala agar sirkulasi darah berjalan lancar, tekanan darah menurun, dan otak mendapatkan suplai oksigen yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bagian minyak angin roll on sebagai obat gosok, atau obat pijat untuk meredakan sakit kepala. Jangan khawatir, dalam kemasan Plossa Press & Soothe Aromatics terdapat buku panduan titik pijatan yang bisa digunakan sesuai keluhan Anda.

Plossa Press & Soothe Aromatics hadir dalam 3 varian aroma yang bisa dipilih sesuai selera, seperti Plossa eucalyptus, Plossa Red Hot dan Plossa Blue mountain. Aromanya sangat menangkan, sangat cocok digunakan sebagai pereda stres, salah satu penyebab utama sakit kepala.

Menariknya, produk ini hadir dalam kemasan travel friendly yang mudah dibawa kemana saja, dan digunakan dimana saja. Anda bisa mendapatkan Plossa Press & Soothe Aromatics di toko terdekat, minimarket, atau apotik terdekat.

Untuk Anda yang lebih nyaman berbelanja secara online, produk ini bisa Anda dapatkan di beberapa situs e-commerce, seperti Tokopedia, Blibli, JD.ID, Bukalapak, Shopee dan lainnya. Tunggu apa lagi, segera tuntaskan masalah sakit kepala Anda dengan Plossa Press & Soothe Aromatics.