Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental Jelang Menstruasi Tiba

Isu kesehatan mental sedang jadi topik hangat yang diperbincangkan di hampir semua kalangan, terutama usia produktif. Menurut banyak penelitian, isu ini kebanyakan menimpa kaum wanita, dimana persentase kemungkinannya meningkat jelang menstruasi.

Bukan tanpa alasan, beberapa hari menjelang menstruasi, wanita akan mengalami perubahan hormon yang sangat signifikan, dan kondisi ini bisa terjadi hingga 2 hari setelah menstruasi terjadi.

Apakah bisa diatasi? Meski tergolong normal dan bisa terjadi kepada semua wanita, namun pada dasarnya masalah kesehatan mental ini bisa dikendalikan. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental bagi wanita jelang menstruasi.

1. Kelola Stres Dengan Baik

Mudah stres merupakan salah satu gejala masalah mental yang belakangan ini cukup umum terjadi. Untuk mengatasinya, hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah, mengetahui penyebab utamanya, setelah itu sebisa mungkin berusaha untuk menghindari penyebabnya tersebut.

Namun secara general, beberapa penelitian menunjukkan jika stres bisa dikendalikan dengan melakukan terapi sederhana, seperti berjalan di luar ruangan (terutama di ruang terbuka hijau), menuliskan buku harian, bermain dengan hewan peliharaan, bersosialisasi dan lainnya.

2. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Salah satu dampak buruk dari sosial media adalah, ‘meracuni’ banyak orang untuk menentukan tujuan hidup yang kurang realistis. Bukan tidak boleh mengejar impian, namun setiap impian yang ingin kamu gapai sebaiknya diimbangi dengan peningkatan kemampuan secara bertahap.

Misalnya, saat kamu menginginkan punya rumah sendiri, mulailah untuk mengatur strategi keuangan yang baik. Bukan hanya sekedar menabung, kamu pun harus mendapatkan income tambahan lewat investasi yang sehat, bekerja sampingan, dan mengurangi pengeluaran yang tidak efektif.

3. Sayangi Diri Sendiri

Salah satu cara menjaga kesehatan mental yang wajib kamu terapkan adalah, mulailah menerima, dan menyayangi dirimu sendiri. Dengan cara ini, kamu akan mampu memandang kehidupan dengan lebih sederhana, dan menjalani kehidupan dengan lebih realistis.

Dalam praktek sederhana, menyayangi diri sendiri bisa dilakukan dengan berolahraga agar tubuh lebih sehat dan bugar, mencukupi kebutuhan istirahat, dan sesekali memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan cara bersantai atau melakukan hal-hal yang menyenangkan.

4. Memelihara Hubungan Baik dengan Orang Terdekat

Sebagai makhluk sosial, kamu tidak akan mampu hidup sendiri. Maka dari itu, mulailah untuk menata kembali hubungan dengan orang-orang terdekat, terutama dengan orang-orang yang setiap hari berinteraksi dengan kita, seperti keluarga, rekan kerja, dan lainnya.

Dengan memiliki hubungan baik, hidup kamu akan jauh lebih ringan, tidak menyimpan rasa benci, dendam, iri hati, dan sifat-sifat negatif lainnya. Selain itu, mulailah untuk tidak terlalu peduli dengan komentar negatif, dan alihkan fokus kamu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif.

5. Siapkan Pembalut Terbaik

Lho, apa hubungannya pembalut dengan cara menjaga kesehatan mental? Jadi gini, salah satu alasan banyak wanita mengalami bad mood, insecure, dan perasaan negatif jelang menstruasi adalah, ketakutan menstruasi tersebut akan membuat produktivitas kamu menurun.

Beruntung, saat ini ada Laurier Natural Clean Night 35cm, yang merupakan produk dari KAO yakni pembalut dengan ukuran ekstra panjang dan Fiber Dry Technology yang mampu menyerap cairan lebih cepat dan lebih banyak, sehingga permukaan 2x lebih kering dan bebas bocor.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih bebas menjalani aktivitas seharian, tanpa khawatir bocor. Selain itu, Laurier Natural Clean Night 35cm dilengkapi dengan antibakteri dengan 3 anti bac protection, yang dapat mengusir bau, anti jamur dan efektif melawan bakteri.

Referensi:

National Institute of Mental Health. Diakses pada 2022. Caring for Your Mental Health.

Family Doctor. Diakses pada 2022. Mental Health: Keeping Your Emotional Health.

MedlinePlus. Diakses pada 2022. How to Improve Mental Health.

NHS. Diakses pada 2022. 5 Steps to Mental Wellbeing.