5 Tipe Bisnis Pengiriman Barang

Bisnis pengiriman barang merupakan salah satu bisnis yang sudah ada sejak lama. Pengiriman barang atau bisnis ekspedisi ini semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia.

Perkembangan teknologi membuat industri e-commerce semakin cepat berkembang. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan masyarakat dalam menggunakan smartphone. Dengan kecanggihan internet dan smartphone membuat masyarakat bersifat konsumtif.

Tidak hanya pasar dalam negeri, percepatan teknologi membuat banyak orang merambah pasar luar negeri. Dalam pengiriman barang, Anda bisa memanfaatkan jasa kirim keluar negeri.

Jasa ekspedisi merupakan bisnis di bidang pengiriman barang baik dalam maupun luar negeri. Jasa ekspedisi ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah importir dalam pengiriman barang dari luar negeri. Semisal mendatangkan barang impor Arab Saudi, Anda tidak perlu memusingkan masalah pengiriman. Anda bisa mengandalkan jasa ekspedisi.

Dilansir beberapa sumber, terdapat 5 tipe atau cara pengiriman barang. Anda bisa membaca secara detail mengenai 5 tipe pengiriman barang tersebut di bawah ini.

1. Ekspress

Durasi pengiriman dengan tipe pengiriman ini adalah layanan pengiriman dengan waktu yang cepat. Jasa layanan pengiriman membutuhkan waktu satu sampai dua hari. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari lamanya barang sampai ke pihak ekspedisi.

2. Ekspedisi Laut

Untuk pengiriman dengan ekspedisi laut cocok digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah besar. Ekspedisi laut merupakan layanan pengiriman barang yang paling sering dipilih oleh importir barang dari luar negeri. Barang yang dikirim akan ditaruh dalam sebuah kontainer yang nantinya akan diangkut oleh kapal feri maupun kapal khusus barang.

3. Ekspedisi Udara

Pengiriman barang melalui udara merupakan jasa layanan yang paling cepat. Layanan yang cepat membuat tarif menggunakan ekspedisi ini lebih mahal daripada ekspedisi laut maupun darat.

4. Full Truck Load (FTL)

Jasa pengiriman dengan metode FTL adalah metode pengiriman darat. Kendaraan yang digunakan dalam pengiriman adalah mobil truk. Truk yang digunakan bervariasi tergantung besar barang dan jumlah barang yang dibawa. Metode ini biasanya digunakan oleh satu pengguna.

5. Less Than Truck Load (LTL)

LTL merupakan layanan pengiriman barang lewat darat. Sama seperti FTL, LTL juga menggunakan mobil truk sebagai sarana transportasi. Bedanya, truk pada proses pengiriman LTL biasanya menampung barang dari beberapa pengguna. Hal ini tentu saja akan membuat biaya pengiriman barang semakin efisien.